Jokowi: Selamat Tiba, Yang Teramat Mulia Sri Paus Fransiskus, ke Indonesia

laligazine.com – Presiden Joko Widodo ucapkan selamat tiba untuk Pimpinan Paling tinggi Gereja Katolik, Paus Fransiskus, yang akan datang di Indonesia ini hari, Selasa (3/9/2024). Dia akan menyongsong kehadiran Paus secara hangat.

“Saya atas nama masyarakat Indonesia menyongsong hangat dan terima kasih atas lawatan Yang Teramat Mulia Paus Fransiskus ke Indonesia. Selamat tiba, Yang Teramat Mulia Sri Paus Fransiskus ke Indonesia,” kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Selasa (3/9/2024).

Kepala Negara mengutarakan, dia barusan melangsungkan rapat paling akhir untuk memeriksa penyiapan ketibaan Paus Fransiskus secara beragam faksi, termasuk Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi dan Ketua Panitia Penyambutan Paus ke Indonesia Ignasius Jonan.

Menurut dia, lawatan Paus Fransiskus ini kali jadi lawatan yang benar-benar monumental.

Lawatan juga telah diperkirakan sejak mulai beberapa tahun lalu, tapi sebelumnya sempat terlambat karena wabah Covid-19.

“Dan adalah lawatan ke-3 sesudah lawatan Yang Teramat Mulia Paus Paulus keenam pada 1970 dan lawatan Yang Teramat Mulia Paus Yohannes Paulus kedua tahun 1989,” papar Jokowi.

Selanjutnya dia menerangkan, Indonesia dan Vatikan punyai loyalitas yang masih sama memupuk perdamaian dan persaudaraan dan jamin kesejahteraan untuk umat manusia. Adapun dalam lawatan ini kali, Paus Fransiskus akan lakukan diskusi kenegaraan sampai tatap muka diplomatik.

“Sepanjang empat hari lawatan beliau Yang Teramat Mulia Sri Paus akan lakukan diskusi kenegaraan, tatap muka dengan korps diplomatik, dan beberapa wakil warga, tatap muka dengan figur lintasi agama di Mushola Istiqlal dan Misa Kudus,” terangnya.

Sebagai informasi, Paus Fransiskus diprediksi datang di Lapangan terbang Internasional Soekarno-Hatta di hari ini, Selasa (3/9/2024) jam 11.30 WIB. Kehadiran Paus Fransiskus ke Indonesia dalam rencana perjalanan apostolik sepanjang masa 3 sampai 6 September 2024.

Menteri Koordinator Sektor Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy menjelaskan, penyiapan untuk menyongsong kehadiran Paus Fransiskus ke Indonesia sudah dilaksanakan dengan masak.

“Ya, ini kedatangan Sri Paus ke Indonesia telah kita persiapkan, insya Allah dengan masak, baik oleh pemerintahan atau oleh umat Katolik di bawah kepemimpinan kardinal dan umat-umat semua Indonesia menyongsong dengan gembira,” tutur Muhadjir Effendy, Senin (2/9/2024).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *