Shin Tae-yong Blak-blakan masalah Dampak Pemain Naturalisasi: Membuat Tim nasional Indonesia Semakin Kuat

Shin Tae-yong Blak-blakan masalah Dampak Pemain Naturalisasi: Membuat Tim nasional Indonesia Semakin Kuat

Shin Tae-yong Blak-blakan masalah Dampak Pemain Naturalisasi: Membuat Tim nasional Indonesia Semakin Kuat

Laligazine.com, Jakarta Pelatih Tim nasional Indonesia Shin Tae-yong buka-bukan masalah peranan pemain naturalisasi dalam tim racikannya. Juru strategi asal Korea Selatan akui kedatangan punggawa turunan efisien tingkatkan kualitas dan kemampuan team dan mewarnai baru buat tim Garuda.

Sudah diketahui, Tim nasional Indonesia di bawah bimbingan Shin Tae-yong belakangan ini sukses menuai dua kemenangan berurut atas Vietnam dalam pertandingan kelanjutan Kwalifikasi Piala Dunia 2026.

Pasukan Merah Putih unggul 1-0 waktu bertarung di Stadion Khusus Gelanggang olahraga Bung Karno (SUGBK) pada Kamis (21/3/2024), saat sebelum menekuk Vietnam mati-matian dengan 3-0 di My Dinh National Fase, Selasa (26/3/2024) kemarin.

Hasil itu membuat tim Garuda sukses memutus sumpah 20 tahun sebelumnya tidak pernah meraih kemenangan di kandang Vietnam, sekalian mengantarkan Rizky Ridho dan teman-teman semakin oke menempati posisi 2 klassemen group F Kwalifikasi Piala Dunia 2026.

Shin Tae-yong juga melihat tinggi peranan pemain turunan dibalik performa spartan Tim nasional Indonesia itu, ingat dua dari 3 gol tandang Merah Putih dilesakkan oleh punggawa naturalisasi baru, Jay Idzes dan Ragnar Oratmangoen.

“Karena ada karena ada pemain naturalisasi jadikan (Tim nasional Indonesia) makin kuat,” tutur Shin Tae-yong pada Rabu (27/3/2024).

Lebih Bebas Pilih-Pilih Pemain

Tidak cuma berpengaruh pada kualitas, Shin Tae-yong merasa kedatangan beberapa punggawa naturalisasi berperanan menambahkan kedalaman tim dan membuat ia lebih bebas saat pilih-milih formasi pemain di atas lapangan.

Hal tersebut dirasa sendiri oleh juru strategi Korea Selatan menjelang memainkan putaran kedua melawan Vietnam, Selasa (26/3/2024). Shin Tae-yong akui sebelumnya sempat cemas dengan keadaan beberapa anak asuhnya, ingat ada 10 pemain yang ada pada keadaan sakit, hingga akan berpengaruh pada kemampuan team menjelang bertandang ke kandang Vietnam.

“Sesudah usai laga Indonesia menantang Vietnam, benar ada 10 pemain yang sakit , menjadi saya menyangka laga ke-2 ini akan susah,” sebut juru strategi tim Garuda dalam info yang diterima Liputan6.com.

Untung kekuatiran itu sanggup ditangani baik. Program naturalisasi yang digalakkan Ketua Umum PSSI Erick Thohir sukses membuat STY mendapat ruangan lebih luas saat tentukan pemain karena teamnya telah mempunyai kedalaman dengan kualitas oke.

“Karena ada beberapa pemain naturalisasi yang gabung, menjadi kita dapat pilih tim lebih bebas dibanding awalnya,” tambah Shin Tae-yong.

Buat Kompetisi dengan Pemain Lokal

Shin Tae-yong optimis kehadiran pemain naturalisasi nanti tidak cuma berperanan tingkatkan kualitas timnas, tapi juga memicu beberapa pemain lokal untuk tampil lebih bagus.

Bekas juru strategi Tim nasional Korea Selatan memandang kompetisi yang sehat akan memberi faedah besar saat membuat tim kuat. Shin juga mengharap beberapa pemain lokal di depan bisa terus meningkatkan tingkatnya supaya bisa berkompetisi dengan beberapa pemain naturalisasi.

“Dengan beberapa kondisi yang semacam ini, pemain lokal harus juga dapat semakin berusaha untuk jadi lebih baik , hingga dengan ini Tim nasional Indonesia akan makin maju tentunya,” pungkas Shin Tae-yong.